hukum 3

  1. A. NATO

adalah sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan pada tahun 1949, sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington, DC pada 4 April 1949. Tujuan dan fungsi didirikannya NATO adalah sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara dan menangkal serangan dari negara Blok Komunis pada saat perang dingin yg tergabung dalam Pakta Warsawa yg dimotori oleh Uni Soviet.

Negara-negara yang menjadi anggota dari NATO adalah :

  • Masuk pada tahun 1949 atau pendirinya : Belgia, Kanada, Denmark, Perancis, Islandia, Italia, Luxemburg, Belanda, Norwegia, Portugal, Britania Raya, Amerika Serikat.
  • Negara-negara yang bergabung pada masa perang dingin : Yunani (1952), Turki (1952), Jerman Barat (1955), Spanyol (1982).
  • Negara-negara mantan blok timur yang bergabung setelah perang dingin : Jerman timur (1990), Republik Ceko (1999), Hungaria (1999), Bulgaria (2004), Lituania (2004), Romania (2004), Slowakia (2004), Slovenia (2004), Albania (2009), Kroasia (2009).

  1. B. PBB ( PERSIKATAN BANGSA-BANGSA )

Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama – dihadiri wakil dari 51 negara – baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB. Tujuan dan fungsinya didirikannya PBB adalah untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial.

Negara-negara anggota dan tahun mereka bergabung adalah :

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dewan Keamanan PBB adalah badan terkuat di PBB. Tugasnya adalah menjaga perdamaian dan keamanan antar negara.

Sedang badan PBB lainnya hanya dapat memberikan rekomendasi kepada para anggota, Dewan Keamanan mempunyai kekuatan untuk mengambil keputusan yang harus dilaksanakan para anggota di bawah Piagam PBB.

Dewan Keamanan mengadakan pertemuan pertamanya pada 17 Januari 1946 di Church House, London dan keputusan yang mereka tetapkan disebut Resolusi Dewan Keamanan PBB.

Dewan ini mempunyai lima anggota tetap. Mereka adalah kekuatan yang menjadi pemenang Perang Dunia II:

Republik China dikeluarkan pada 1971 dan digantikan oleh Republik Rakyat Cina. Setelah Uni Soviet pecah, Rusia masuk menggantikannya.

Dengan itu, anggota tetapnya kini adalah:

Kelima anggota tersebut adalah negara-negara yang boleh mempunyai senjata nuklir di bawah Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir.

Sepuluh anggota lainnya dipilih oleh Sidang Umum PBB untuk masa bakti 2 tahun yang dimulai 1 Januari, dengan lima dari mereka diganti setiap tahunnya.

Anggota dewan keamanan yang dipilih untuk saat ini adalah:

1 Januari 2008 – 31 Desember 2009

Negara Blok regional Duta besar
Burkina Faso Afrika Michel Kafando
Kosta Rika Amerika Latin dan Karibia Jorge Urbina
Kroasia Eropa Timur Neven Jurica
Libya Afrika (Arab) Jadallah Azzuz at-Talhi
Vietnam Asia Lê Lương Minh

1 Januari 2009 – 31 Desember 2010

Negara Blok regional Duta besar
Austria Eropa Barat dan Lainnya Thomas Mayr-Harting
Jepang Asia Yukio Takasu
Meksiko Amerika Latin dan Karibia Claude Heller
Turki Eropa Barat dan Lainnya Baki İlkin
Uganda Afrika Ruhakana Rugunda
  1. C. SEATO

Asia Tenggara Treaty Organization (SEATO) adalah sebuah organisasi internasional untuk pertahanan kolektif yang diDIRIKAN pada 8 September 1954.  SEATO didirikan pada pertemuan mitra perjanjian di Bangkok pada Februari 1955. Hal ini terutama dibuat untuk memblokir lebih lanjut keuntungan komunis di Asia Tenggara. Markas organisasi terletak di Bangkok, Thailand. SEATO dibubarkan pada tanggal 30 Juni 1977.

Tujuan dan fungsi dibentuknya SEATO :

  • Untuk menjadi Southeest versi Asia dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), di mana kekuatan militer masing-masing anggota akan dikoordinasikan untuk menyediakan pertahanan kolektif dari anggota.
  • Untuk memberikan kolektif, perisai anti-komunis ke Asia Tenggara.
  • Sebagai bagian dari Doktrin Truman anti-komunis menciptakan perjanjian bilateral dan pertahanan kolektif.

Tunjukkan huruf latin

Organisatoris, SEATO dipimpin oleh Sekretaris-Jenderal, dengan dewan perwakilan dari negara anggota dan staf internasional. Selain pelatihan militer bersama, organisasi melakukan beberapa pekerjaan saling isu-isu sosial dan ekonomi.

Angota dari SEATO adalah :

  1. NAFTA

NAFTA adalah perjanjian ditandatangani oleh pemerintah dari Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko menciptakan trilateral blok perdagangan di Amerika Utara. Perjanjian tersebut mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 1994. Ini digantikan dengan Kanada-Amerika Serikat Perjanjian Perdagangan Bebas antara AS dan Kanada. Dalam hal gabungan paritas daya beli PDB dari para anggotanya, seperti tahun 2007 [update] blok perdagangan adalah terbesar di dunia dan terbesar kedua dengan perbandingan GDP nominal.

Tujuan dan fungsi dari NAFTA adalah untuk menghilangkan hambatan perdagangan dan investasi antara Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Anggota-anggota dari NAFTA adalah :

  • Kanada
  • Amerika Serikat
  • Meksiko
  1. PAKTA WARSAWA

Pakta Warsawa adalah sebuah aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur. Tujuan dan fungsi didirikannyaPakta Warsawa adalah untuk mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari aliansi NATO (yang dibentuk pada 1949). Pembentukan Pakta Warsawa dipicu oleh integrasi Jerman Barat ke dalam NATO melalui ratifikasi Persetujuan Paris. Pakta Warsawa dirancang oleh Nikita Khrushchev pada tahun 1955 dan ditanda tangani di Warsawa pada 14 Mei 1955. Pakta Warsawa berakhir pada 31 Maret 1991, dan diakhiri secara resmi dalam sebuah pertemuan di Praha pada 1 Juli 1991.

Anggota-anggota dari Pakta Warsawa adalah :

  1. MACAN ASIA

Macan Asia, juga dikenal dengan Empat Naga Kecil Asia (Hanzi sederhanaHanzi tradisional ) menunjuk ke ekonomi Hong Kong, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan. Ke-empat Negara tersebut dijiluki macan asia karena wilayah-wilayah dan negara tersebut menjaga pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan industrialisasi yang cepat antara awal 1960-an dan 1990-an. Beberapa negara ini memiliki kekayaan yang setingkat dengan negara-negara Afrika pada 1960-an di mana negara-negara Afrika relatif tidak mengalami kemajuan sejak saat itu, kunci perbedaan termasuk usaha awal dari pendidikan dan akses fisik ke pasar dunia (dalam infrastruktur transportasi).

Tapi belakangan ini China, India, Jepang, dan Korea Selatan, terus tumbuh dan berkembang jadi kekuatan dunia. Mereka juga mendapat julukan macan asia.

China dan India, karena kebutuhannya, bisa menentukan naik-turunnya harga minyak, tambang, dan komiditas lainnya. Perekonomian China sudah tumbuh lima kali lebih cepat. Mereka menjadi negara uturan ketiga dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Para ahli ekonomi berpendapat pada 2025 dan 2030, tiga dari empat negara dengan ekonomi terbesar adalah negara di Asia .

Karakteristik umum dari Macan Asia adalah:

  • Memusatkan pada ekspor ke negara industri yang lebih kaya
  • Surplus perdaganan dengan negara-negara tersebut
  • Mempertahankan pertumbuhan digit-ganda untuk beberapa dekade
  • Sistem politik yang tidak demokratis dan relatif otoriter pada masa awal
  • Bea tinggi untuk impor
  • Mata uang bawah harga
  • Pemegangan “bond” harta A.S yang tinggi
  • Suku bunga simpanan yang tinggi

Jelaskan apa yang dimaksud dengan struktur poltik.

Apa yg dimaksud

Mesin politik formal dan informel

Apa yg dimaksud dg montesque(trias politika)

Apa yg dimaksud dg suprastruktur dan infra struktur politik serta sebuutkan fungsinya

Apa yg dimaksud dg

  1. Pendekatan system politik secara trdisional
  2. pndekatan system politik secara behaviouralisme
  3. Pndktan politik scra postbehavioralisme

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: