tugas hukum

  1. A. RECHSTAAT

Rechstaat adalah suatu konsep sistem hukum yang dianut oleh suatu nergara yang memiliki kepastian hukum dan berdasarkan demokrasi,dalam konsep ini semua warga negara di mata hukum mempunyai status yang sama. Negara-negara yang menganut konsep ini adalah seperti Indonesia

B. MACHSTAAT

Machstaat adalah suatu konsep system hukum yang dianut oleh suatu negara yang berdasarkan kekuasaan. Konsep ini lebih bersifat otoriter atau diktator. Negara yang menganut konsep ini adalah seperti

C. KONSTITUSI

Konstitusi adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara – biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis. Dalam kasus bentukan negara, konstitusi memuat aturan dan prinsip-prinsip entitas politik dan hukum, istilah ini merujuk secara khusus untuk menetapkan konstitusi nasional sebagai prinsip-prinsip dasar politik, prinsip-prinsip dasar hukum termasuk dalam bentukan struktur, prosedur, wewenang dan kewajiban pemerintahan negara pada umumnya, Konstitusi umumnya merujuk pada penjaminan hak kepada warga masyarakatnya.

D. UNDANG-UNDANG

  1. SISTEM HUKUM DAN IMPLEMENTASI HUKUM DI INDONESIA

Menurut saya sistem hukum di Indonesia sudah disusun sedemikian rupa sehingga siapapun dapat mempelajari ataupun mengamati susunan sistem hukum tersebut. Tetapi di lapangan proses implementasi hukum di Indonesia masih belum bisa dilaksanakan dengan maksimal. Masih banyak kasus-kasus yang melanggar hukum-hukum yang telah disahkan. Pelanggaran tersebut tidak hanya dilakukan oleh rakyat sipil, tetapi bahkan juga dilakukan oleh aparat penegak hukum yang seharusnya bertugas untuk menegakkan peraturan. Banyak faktor yang maenyebabkan seorang individu melakukan suatu pelanggran. Salah satu faktor yang sering menjadi pemicu seseorang melanggar hukum adalah kurangnya kesadaran hukum di masyarakat Indonesia, meskipun situasi dan kesempatan juga maenjadi faktor utama kenapa seorang individu melakukan suatu pelanggaran terhadap hukum. Apabila rakyat Indonesia mampu lebih berfikir untuk meningkatkan kesadarn terhadap hukum, pasti sistem hukum hukum di Indonesia dapat diterapkan lebih maksimal lagi.

  1. CONTOH KASUS YANG TODAK SESUAI DENGAN SISTEM HUKUM DI INDONESIA

Di Indonesia sering kita temukan kasus-kasus pelanggaran hukum yang dalam penyeleasiannya tidak sesuai dengan sistem hukum yang ada di Indonesia. Misalnya saja kasus yang terjadi di daerah Temanggung Jawa tengah pada bulan Maret tahun 2009 kemarin. Yaitu kasus pencurian ayam yang dilakukan oleh seorang kakek milik tetangganya. Kakek ini mendapat hukuman kurungan selama 3 tahun. Menurut saya penyelesaian kasus ini sangat aneh. Kasus kecil yang seharusnya dapat diselesaikan hanya dengan musyawarah, tetapi setelah di bawa ke pengadilan akhirnya sang kakek dipidana 3 tahun penjara. Sangat aneh mengingat para koruptor juga rata-rata mendapat hukuman 3 sampai 5 tahun penjara. Perbedaan yang sangat jauh antara mencuri ayam dengan para koruptor yang telah mencuri uang negara sampai miliyaran, tetapi hukuman yang didapat hampir sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: